NGOBROL YUK!


Kupang, 18 April 2022 pukul 23.49 WITA

Bonjour! ça va? Je vais très bien et j'espère que vous aussi. 你好吗. 我很好,希望你也是 (Nǐ hǎo ma. Wǒ hěn hǎo, xīwàng nǐ yěshì)


Kangen juga ngobrol melalui tulisan dengan siapapun di luar sana. Di tengah-tengah kegiatan yang cukup menyita waktu, aku ambil 10 menit untuk buat postingan ini.

Ohya, sebulan belakangan ini aku lagi menekuni dua bahasa baru (1) la français dan (2) 中文. Thanks to Duo Lingo yang ngebantu aku buat belajar bahasa dengan materi yang menarik dan tanpa bayar (grahtis). Dengan mengalokasikan 30 menit setiap hari, aku berharap sih, akhir Tahun 2022 ini (Desember 2022) aku sudah lulus level pemula (beginner). 

Sebenernya Tahun ini aku berdoa dan berusaha buat bisa lulus sertifikasi Akuntan (Chartered Accountant/CA) sehingga aku akhirnya dapat Nomor Registrasi Akuntan. Biaya investasinya cukup mahal, sekitar 8 jutaan dan sayangnya belum ada tanda-tanda bakal dapat donor dari kantor (yakali!) atau pakai uang THR aja ya :D Selain itu, persiapan untuk Sertifikasi itu juga cukup menyita waktu. Tapi, teteup. Aku berdoa dan berusaha supaya akhir Tahun 2022 ini (In the name of Jesus) aku beneran lulus Sertifikasi CA.

Terakhir nih, aku pingin banget ceritain kebaikannya Tuhan Yesus dalam hidup aku akhir-akhir ini (Tanpa aku ceritain, Yesus sih emang udah by default baik bingits ya). Tapi, aku beneran mau ambil kesempatan ini buat ceritain kebaikannya Yesus.

Jadi di awal Tahun itu, aku pingin banget punya Alkitab Cetak dengan versi selain Terjemahan Baru, NIV, NIrV. Terus, aku pilih Amplified Bible version di shopee. Eh aku digerakkan buat cari versi yang lain, dan akhirnya masuk jugalah versi The Message di keranjang shopee ku. Udah selese liat-liat, akhirnya aku checkout.

Sayangnya, Amplified Bible dibatalkan oleh shopee karena udah tiga hari si penjual ga kirim2. Finalnya, aku dapet Bible versi the Message. Seriusan, aku jadi seneng banget ngobrol bareng Tuhan Yesus melalui Surat Cintanya versi The Message. Bahasanya sangat ringan dan everyday language. Jadi tuh beneran kayak ngomong daily sama Tuhan Yesus. Sesederhana itu aku mendefinisikan kebaikan Tuhan Yesus dalam hidupku.

Udah lebih dari 10 menit nih, lain kali kita cerita ya.

Kalau temen-teman lagi sibuk apa? Sehat kah?

Apa pun yang jadi tantangan di dalam kehidupan temen-temen, baik tantangan yang bikin seneng atau yang hampir meremukkan tulang, aku berdoa agar temen-temen bisa menjalaninya bersama dengan Tuhan ya. <3 Amin

Terakhir, aku mau share Firman Tuhan di beberapa kalimat pembuka di chapters kitab Leviticus, "God spoke to Moses..." Aku berdoa Tuhan juga semakin berbicara ke aku, temen-temen semuanya, dan kepada siapa pun yang mau ngobrol sama Tuhan.


Tuhan Yesus memberkati.

Indah Pasaribu

4 comments:

The Pandjaitans said...

Great blog, thanks for sharing...

Indah Pasaribu said...

merci beaucoup, mr. Fun 🙏

awr said...

kak, saya adalah salah satu mahasiswa kedinasan semester 6, yang nantinya saya setelah lulus saya akan menjadi pns di daerah saya, saya sangat tertarik untuk nantinya menyambung pendidikan lewat beasiswa lpdp,disini saya kurang mahir berbasa inggris menurut kakak, untuk umur saya segini bagaimana cara saya gampang untuk mempersiapkan diri mendapatkan beasiswa lpdp, selain bahasa inggris apalagi yang harus saya siapkan, terimakasih kak

Indah Pasaribu said...

Halo Mas/Mba Awr,

Bagus banget ketika kamu punya ketertarikan untuk menempuh pendidikan lanjutan dengan dukungan beasiswa LPDP.

Bagi saya tidak ada cara yang gampang mas/mba, mungkin lebih tepat cara yang cocok dengan karakter mas/mba. Dengan menemukan cara/teknik/metode yang cocok dengan mas/mba, saya yakin persiapan menjadi semakin maksimal.

Menurut saya, persiapan pada umumnya ada 2 mas:
a. Persiapan Hard Skills
Kalau persiapan ini, tergantung bidang mas/mba tekuni. Dalam hal kasus saya, saya menekuni bidang akuntansi dan auditing, jadi saya pastikan kemampuan teknis saya terkait akuntansi dan audting sudah cukup mumpuni.

Hal ini juga termasuk kemampuan berbahasa asing, tergantung dari negara tujuan kita. Contoh, pada saat saya mendaftar LPDP, negara tujuan saya adalah UK, jadi saya pastikan saya mumpuni menggunakan Bahasa Inggris. Lain halnya dengan teman-teman yang bertujuan ke Paris, misalnya, yang harus pastikan dirinya bisa Bahasa Perancis.

b. Persiapan Soft Skills
Kalau persiapan ini, bisa digeneralisasi ke seluruh bidang (menurut saya). Pada saat saya persiapan LDPD kemarin, saya belajar untuk mengasah Emotional Intelligence, Team Player Attitude, Growth Mindset, Openness to Feedback, Active Listening.

Mungkin kedengarannya terlalu abstrak. Tapi, persiapan kemampuan soft skill juga ternyata menyita waktu saya mas. Misalnya, saya belajar untuk mendengarkan orang lain ketika berbica tanpa interupsi/memotong pembicaraan. Soft skill ini sangat saya gunakan ketika seleksi Interview dan FGD, mas.

Misalnya lagi, kemampuan mengelola emosi juga penting. Bagaimana menghandle emosi ketika hal yang terjadi tidak sesuai ekspektasi,. Aku belanja respon positif ketika menghadapi teman yang memiliki perbedaan pendapat. dll dll

Sejauh ini, poin di atas yang bisa saya bagikan ya mas/mba awr.

Tuhan memberkati setiap langkah persiapan mas/mba awr ya.

Post a Comment