PENGALAMAN MENGURUS PINDAH PERGURUAN TINGGI LPDP 2018




Waktu Baca: 5 menit

Horas, teman-teman.

A. TUJUAN PENULISAN
Tulisan ini bertujuan untuk berbagi serta memberikan informasi tentang pengalaman saya dalam hal pindah perguruan tinggi dengan menggunakan beasiswa LPDP 2018.

B. INFORMASI AWAL
Terdapat tiga informasi relevan terkait keseluruhan proses perpindahan perguruan tinggi:
1. Pada proses pendaftaran LPDP, saya mengajukan melanjutkan Master in Accounting di the University of Manchester (Alliance Manchester Business School/AMBS) dengan status sudah memiliki Conditional Offer Academic Year 2018/2019;

2. Setelah ditetapkan sebagai awardee, saya kembali mendaftar Master in Accounting di AMBS (sesuai dengan tujuan awal saya), tetapi saya tetap mendapatkan Conditional Offer;

3. Kemudian, saya mendaftar ke the University of Edinburgh program Accounting and Finance.

Hal pertama yang harus dicatat bagi teman-teman yang mau mengajukan pindah kampus adalah 
1. MENCOBA MENDAFTAR TERLEBIH DAHULU KE UNIVERSITAS AWAL; DAN
2. MEMILIKI BUKTI PENOLAKAN DARI UNIVERSITAS AWAL. 

Setidaknya ini adalah dua alasan utama, saya mengajukan Permohonan Surat Izin Pindah.

C. LANGKAH PENGAJUAN 
C.1 RINGKASAN LANGKAH
Berdasarkan pengalaman saya, empat langkah untuk pindah kampus adalah sebagai berikut.
1. Ajukan Surat Permohonan;
2. Lampirkan Conditional LoA/Rejection Letter, Unconditional LoA, dan IELTS;
3. Lampirkan Surat Rekomendasi dari Biro SDM; dan
4. Menunggu keputusan.

Ohya, seluruh permohonan saya ajukan melalui CRM LPDP ya.

C.2 RINCIAN LANGKAH
1. Surat Permohonan Pengajuan Perpindahan. Tidak ada template resmi. Saya lampirkan contoh Surat Pengajuan saya ya.



2. Tiga lampiran untuk mendukung Surat Permohonan adalah
2.1 Conditional LoA dari the University of Manchester, 
2.2 Unconditional LoA dari the University of Edinburgh, dan 
2.3 Sertifikat IELTS. 

3. Lampirkan Surat Rekomendasi Biro SDM yang menyatakan bahwa jurusan yang saya tuju memang diperlukan untuk kepentingan organisasi. Rekomendasi ini diminta oleh LPDP karena saya merupakan awardee LPDP dengan program Afirmasi PNS; dan

4. Menunggu keputusan.

D. REKAM JEJAK
Untuk runtutan tanggal-tanggal penting sebagai berikut ya.
1. 27 Juni 2019 - mengajukan permohonan Surat Izin Pindah;

2. 17 Juli 2019 - LPDP menerbitkan Surat Izin Pindah, dengan contoh sebagai berikut;

3. 18 Juli 2019 - mengajukan permohonan:
3.1 Surat Pernyataan melalui CRM; dan
3.2 Letter of Support dan Letter of Gurantee melalui Sipendob;

4. 7 Agustus 2019 - menerima Letter of Support dari LPDP;

5. 27 Agustus 2019 - menerima Surat Pernyataan dari LPDP untuk ditandatangani;

6. 5 September 2019 - menerima Letter of Guarantee dari LPDP.

Demikian hal yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat ya. 

But first things first: Andalkan Tuhan Yesus dalam segala hal ya.

Tuhan memberkati.
___
Catatan:
Jika ada beberapa istilah teknis yang teman-teman kurang paham, silakan langsung gooling yah.

14 comments:

blessed woman said...

kak, ijin tanya. dalam buku panduan penerima beasiswa lpdp, di halaman 9 disebutkan bahwa tidak ada opsi perpindahan kampus lagi bagi penerima beasiswa tahun 2018 dan selanjutnya..kakak kan awardee LPDP 2018, tapi masih bisa mngejukan perpindahan ya? saya komunikasi dengan CRM terkait pengajuan pindah, dibalasanya berkali-kali tidak bisa lah.

Indah Pasaribu said...

Halo blessed woman, sesuai dengan yang saya alami dan dijelaskan ketika kegiatan PK-142 pada April 2019 lalu, awardee diizinkan untuk pindah dengan catatan: (1) sudah mencoba ke universitas awal dan (2) bukti penolakan universitas tsb.

Perlu dicatat, ini untuk Panduan LPDP 2018 ya, mungkin untuk Buku Panduan LPDP 2019 (walaupun awardee 2018) bisa saja mengalami perubahan aturan. Terima kasih :)

Unknown said...

Halo kk.. Boleh minta no wa kk.? Saya Awardee 2019. Dan ada rencana mau ngajuin pindah univ kk.
Saya cari fb dan ig kk tdk ada hehe

Unknown said...

Gmail ku ini kak : donal.sinurat010697@gmail.com

Unknown said...

Apakah bisa jika pindah saat sudah on going?

Indah Pasaribu said...

Saya pindah sebelum memulai kuliah. Jika on going, pertimbangan saya tidak ada diizinkan karena akan memengaruhi batas waktu kuliah.

False said...

Halo Ibu Indah, terima kasih banyak atas artikelnya yg bermanfaat. Sekiranya diperkenankan, apakah saya boleh melihat format dan isi surat rekomendasi dari SDM Ibu? Krn saya afirmasi PNS juga dan rencana akan pindah universitas juga. Terima kasih sebelumnya.

Indah Pasaribu said...

Halo Ibu Fatih. Silakan hubungi saya lebih lanjut melalui email indahyulianapasaribubondar@gmail.com ya ibu. Terima kasih

an ordinary diary said...

terimakasih mba atas informasi nya, bila diperbolehkan apakah saya boleh meminta contoh surat keterangan dari biro SDM ibu indah untuk permohonan perpindahan PT terseut? kebetulan saya ingin mengajukan perpindahan jurusan di perguruan tinggi yang sama, dan sayapun mendapatkan beasiswa afirmasi PNS

Indah Pasaribu said...

Selamat pagi Mba/Mas Ordinary diary,

Silakan menghubungi saya melalui email: indahyulianapasaribubondar@gmail.com ya.

Saya akan sampaikan melalui email tersebut ya Mba/Mas.

Terima kasih.

Unknown said...

Halo mbak,, kalau uang kuliahnya univ awal (1 thun) dan univ B (2 tahun) beda jauh apakah bisa ya?
Jurusan dan negara nya tetap smaa

Indah Pasaribu said...

Halo mba/mas Unknown,

Seluruh sharing saya hanya berdasarkan pengalaman saya yang mungkin saja tidak relevan lagi pada proses terkini.

Menurut saya, perpindahan saya disetujui karena:
a. Jurusan perpindahan masih relevan dengan jurusan awal;
b. Universitas yang dituju secara keseluruhan lebih baik (ranking); dan
c. Instansi tempat saya bekerja, memberikan rekomendasi.

Terkait dengan komponen perbedaan uang kuliah, saya tidak pernah mengetahui bahwa itu merupakan bahan pertimbangan persetujuan perpindahan. Hanya saja, saya memberikan informasi perbandingan Tuition Fee sebagai informasi tambahan saja.

Demikian mas/mba unknown.

Alvin anwar said...

Assalamualaikum kak indah,
Perkenalkan saya alvin calon awardee lpdp 2021 dari sulteng.
Kak apa sy boleh lihat contoh surat rekomendasi dari instansi/bkpsdm terkait perpindahan kampus/prodi? Menimbang sy juga akan melakukan perpindahan prodi pada pilihan kampus yang sama.
Berikut email dan whatsapp saya jika kak indah berkenan untuk membantu sy, terimakasih.
Email : alfinanwar88@gmail.com
Wa : 0822-1723-4197

Indah Pasaribu said...

Selamat sore Pak Alvin Anwar,

saya telah menghubungi Bapak melalui email ya.

Terima kasih

Post a Comment