JEBAKAN BETMEN: SI AGAMAWI


Waktu baca: 15 menit.

Hi everyone. Gue baru banget nyampe dari kegiatan Connect Group (CG). Buat temen-temen yang belom tahu apa itu CG, temen-temen bisa berkunjung ke link ini yah.

Hhm, kayaknya akan lebih enak kalo gue share kali ini dengan pendekatan pertanyaan, supaya lebih dapet poin share nya.

Kapan CG diadakan dan dimana?
Nah, gue join CG 25, di daerah Padang Bulan, dan diadakan setiap hari Selasa jam 7 malem, biasanya sampe jam 9.30 malem.

Apa aja kegiatannya?
Yang paling musti-kudu-harus adalah sesi bersekutu dengan Kristus. Di CG akan ada Ice Breaker (game singkat gitu), Praise and Worship, sharing firman dari CG Leader, plus sharing dari masing-masing temen yang dateng.


Apa yang lu dapet hari ini?
Hari ini CG Leader berbagi firman tentang Pikiran Kristus. Selaw, ini topik bukan buat malaikat suci kudus dan tak bercacat cela. Justru karena gue berharap bisa jadi figur yang emang sesuai dengan firman Tuhan, gue belajar gimana caranya punya cara pikir dan sudut pandang yang sama dengan Kristus.

Firman diambil dari Roma 12 ayat 1 sampai 2. Temen-temen bisa baca ayat lengkapnya di alkitab masing-masing. Intinya, kita sebagai anak-anak Kristus harus tahu ngebedain mana kehendak Allah, apa yang baik, dan yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna (in short, Pikiran Kristus). Nah, pertanyaannya gimana caranya supaya bisa punya pikiran kayak gitu? Jawabannya: jangan serupa dengan dunia, tetapi berubah oleh pembaharuan budimu.

Apaan sih itu Pembaharuan Budi?
Gue percaya sih, itu adalah sebuah proses. Well, yang namanya proses itu adalah terus-menerus sehingga kita bisa menghasilkan output.

Mungkin gue bisa share dengan pendekatan 3 tahap: input > proses > output

Output itu adalah Pikiran Kristus yang merupakan hasil dari proses pengolahan input. Di sini, gue sifatnya pasif. Kenapa? Karena gue bertugas untuk melihat hasilnya. Karena gue cuma bisa memengaruhi hasilnya kayak apa dari prosesnya, ga bisa ujug-ujug.

Sedangkan input itu adalah sesuatu yang available artinya emang udah tersedia di pasaran. Ini tergantung gue mau masukkan input apa ke proses pembaharuan budi gue. Yah, secara gue masih ada di dunia, kaki gue masih napak di bumi Indonesia tercinta, gue pasti banget nemuin fakta bahwa ga semua input baik kalo gue masukkan ke proses, ga semua input sesuai dengan firman Tuhan. Ada aja hal-hal duniawi yang jadi pilihan, yah yah yah, ini masih di dunia men.

Nah ini dia: proses. Tahap proses adalah bagian yang bisa dipastikan di bawah kendali gue. Yah iya lah, proses kan gue yang nentuin, input apa yang gue masukkan sebagai bahan olahan di proses. Kaitannya dengan CG adalah ini: salah satu proses yang bisa membantu gue melakukan pembaharuan budi adalah dengan terlibat di CG. Karena di CG, gue itu dinutrisi dengan firman Tuhan, disegarkan kembali, melalui penyembahan dan sharing firman. Jadi, CG itu adalah kebutuhan gue supaya mastiin gue tetep melakukan pembaharuan budi, supaya (balik lagi ke output) gue bisa tahu ngebedain mana kehendak Allah, apa yang baik, dan yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna (in short, pikiran Kristus).


Udah itu aja?
Pastinya enggak. Satu hal yang menambah pemahaman gue tentang Pikiran Kristus adalah tahap outcome. Jadi, kalo output itu memastikan kalo gue bisa dapet hasil yang memuaskan buat diri gue. Tapi, outcome itu, membawa gue ke pengertian kalo hasilnya jangan cuma buat gue doang, jangan cuma buat gue doang, jangan cuma buat gue doang, bruh! Bagiin sama orang-orang di sekitar gue. Bagiin sama orang-orang yang mungkin aja ga kenal Kristus. Dan, bagiin sama orang-orang dengan tipe khusus: agamawi.

Gue agak lola (baca: loading lama), waktu Team Leader share tentang ini. Gue kutip pernyataan Team Leader yah.

Sekarang itu, iblis ga perlu susah-susah bikin kita punya kepahitan, atau melakukan hal-hal yang kayaknya jahat banget. Dia cukup bikin kita jadi orang yang agamawi. Gereja, yah gereja. Baca alkitab, ya baca alkitab. Semuanya fine. Tapi … dia bikin kita di zona nyaman pada saat kita (sebenarnya) udah ga mengalami Tuhan. Kita ga mengalami Tuhan secara pribadi. Semua kegiatan itu hanya ritual. Ritual agamawi.

Seriusan, gue dapet sesuatu yang baru. Gue keinget lagi, visi gereja di dua tahun belakangan ini adalah: Encounter Jesus in everything. Waktu dimana gue cuman ngelakuin semuanya secara rutin dan gak ngalamin Tuhan, adalah momen dimana sebenernya gue sedang tidak dalam proses pembaharuan budi, gue sedang dengan sengaja membiarkan Pikiran Kristus itu ga terbentuk, dan yang paling parahnya adalah gue dengan sadar membiarkan orang-orang di sekitar gue gak ngerasain kasih Kristus.

Parah banget.

Jadi, melalui CG malem ini, gue pengen pengen banget kalo siapa pun orang-orang di sekitar gue itu ngalamin Kristus juga, ngerasain kasih Kristus yang melimpah, dan bisa kenal Yesus dari kehidupan gue.

Kalo menurut temen-temen gimana? Udah punya komunitas yang bisa menutrisi makanan spiritual yang memadai ga? Kalo belum, cepet cari, karena kita ngebutuhin banget komunitas kayak gitu. Kalo udah punya, good job, gue yakin banget kita bakal dapet makanan yang cocok untuk membuat kita makin dewasa dari pengenalan akan Kristus, sehingga akan punya Pikiran Kristus yang membuat kita ga masuk dalam jebakan betmen, si agamawi.

Sekian dari gue. Istirahat yuk.

1 comment:

Fresnel said...

Nice post 😍

Post a Comment