NO BOOTABLE DEVICE: LENOVO IDEAPAD 310

Waktu baca:  8 menit

Halo. Pada kesempatan kali ini, saya mau berbagi tentang apa solusi untuk masalah "no-bootable-device" pada Laptop Lenovo Ideapad 310.

Saya baru membeli Laptop Lenovo Ideapad 310 pada Januari 2017 silam dengan harga Rp6.500.000,00 di Medan Fair pada toko New Dragom (Plaza Medan Fair, Lt. 4 No. 96, Medan. Telepon: 061-75170844/082160099222). Saya memutuskan untuk membeli Laptop ini dengan pertimbangan spesifikasi Ideapad 310 sesuai dengan yang saya butuhkan, dan yang paling penting (dibandingkan Laptop sejenis) harganya lebih terjangkau. Rincian spesifikasi bisa dilihat disini.


Namun, sayang sekali, baru dua bulan membeli Laptop tersebut, saya sudah gagal booting. Display yang tertera pada layar Laptop saya adalah "PXE MOF: Exiting PXE ROM. No bootable device - please insert any disk". Sampai akhirnya, Laptopnya sendiri yang display "Device needs to be repaired" Ada beberapa cara yang saya lakukan:
  1. Masuk ke BIOS Setup > pilih tab "boot" > pilih "Legacy Support" > pilih "Legacy First" > dan pastikan urutan pertama Legacy First adalah HDD.
  2. Jika langkah pertama gagal, pastikan HDD pada tab "Information" sudah terdeteksi. Jika tidak terdeteksi, artinya ada masalah dengan HDD Laptop.
  3. Jika gagal lagi, silakan matikan laptop dan tekan one-key-recovery pada Laptop yang berada di sebelah kiri Laptop dengan ikon panah terbalik. One-key-recovery hanya dapat ditekan dengan menggunakan pulpen atau paperclip.
  4. Jika masih gagal, silakan menghubungi Lenovo Service Center di nomor (021) 30021090.

Lenovo Service Center
Customer Service (CS) meminta saya untuk menyebutkan Serial Number (S/N) Laptop yang posisinya ada di bawah Laptop. Ternyata, setelah menyebutkan S/N, saya baru tahu bahwa Laptop saya itu adalah produk Malaysia, jadi saya dapatnya garansi Malaysia (Jeez!). Yaampun. Lain kali, saya akan beli produk dari tempat-tempat resmi saja kalau begitu. Lanjut lagi, setelah dipandu oleh CS beberapa troubleshoots atas kondisi Laptop saya, dia menyimpulkan bahwa Laptop Lenovo Ideapad 310 saya mengalami masalah Operating System dan harus dibawa ke Service Center terdekat. CS merujuk tiga lokasi service di Medan, Sumatera Utara:
  1. Daya Mega Pratama - Gedung Antara Lt. 3. Jalan Putri Hijau No. 12. Telp. 061 4564933. Lokasinya diantara Hotel JW Marriot dan Samsat Putri Hijau; selokasi dengan ACE Putri Hijau.
  2. Asia Mega Mas. Blok N No. 30 A. IT Service Center. Telp 061 75051 / 085310782349
  3. Primalayan. Jalan Raden Saleh No. 69. Telp 061 4577019, atau bisa langsung ke 061 4510391 dengan Pak Surya atau Bu Nuraima
Service di Daya Mega Pratama 

Pelayanan di Lenovo Service Center ini sangat memuaskan dan para staf di sana ramah. Jika teman-teman mengalami kendala, saya sarankan di sini saja. Bisa dengan Ibu Junita atau Pak Roy. Jam operasional mereka adalah Senin - Jumat (9 pagi - 5 sore) dan Sabtu (9 pagi - 12 siang).

Akhirnya, Laptop saya diperbaiki oleh Pak Roy. Dalam waktu 2 jam, Laptop saya diperbaiki dengan memperbaiki OS ke reset factory. Alhasil, semua data saya hilang. Namun, hal yang jadi pelajaran adalah sebaiknya jangan mengotomatiskan update sistem, karena cukup berbahaya kalau tidak tahu sebenarnya komponen mana yang harus diperbaiki. Finally, I'm so happy. Laptop saya kembali lagi dengan membayar biaya Rp100.000.

Semoga post ini bermanfaat! 


1 comment:

bonustage said...

Thank you for sharing :)

Post a Comment